Perbedaan Sport, Matic dan Bebek

Diposkan oleh

Saat akan membeli motor, Anda mungkin akan kebingungan memilih yang mana. Mengingat motor digunakan untuk menunjang aktivitas sehari-hari, penting bagi Anda untuk memilih motor yang tepat dan sesuai. Di pasaran sendiri, Anda akan menemukan tiga jenis motor yang biasa digunakan. Ada motor bebek, motor matic, dan motor sport. Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Untuk mengetahui spesifikasi masing-masing dari tiga jenis motor tersebut, berikut perbedaannya.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Perbedaan Bodi
Secara tampilan fisik, bodi antara ketiga motor tersebut jelas berbeda. Umumnya motor matic memiliki desain bodi yang lebih kecil dan pendek sehingga lebih ringan dibandingkan lainnya. Lalu disusul dengan motor bebek, sedangkan motor sport memiliki bodi yang lebih besar dan berat. Untuk itulah, Anda biasanya lebih sering menemukan wanita menggunakan motor matic dan pria menyukai motor sport karena bentuknya yang lebih kekar dan macho.

Perbedaan Pada Ponsisi Tangki Bensin
Perbedaan lainnya yang bisa Anda temukan dari tiga motor tersebut adalah posisi tangki bensin. Anda bisa menemukan tangki bensin motor bebek dan motor matic di bawah jok pengendara, sedangkan untuk tangki bensi sport berada di depan jok.

Perbedaan Pada Transmisi
Dari segi transmisi, motor bebek dan motor sport masih digerakkan secara manual, yakni dengan mengoper gigi atau gear. Namun, jika ingin lebih mudah dan praktis, Anda bisa memilih motor matic karena semua transmisinya diproses secara otomatis, yakni hanya menarik tuas gas dan tuas rem. Sistem penggerak roda pada motor matic berjalan secara otomatis atau biasa disebut dengan Continuously Variable Transmission (CVT) dan menyebabkan perpindahan gear tanpa perlu dipicu secara manual.
Berbeda dengan motor matic, motor bebek memiliki tipe transmisi manual yang mengharuskan Anda mengatur perpindahan gear ketika ingin menambah atau mengurangi tenaga mesin motor. Sedangkan pada motor sport yang masih menggunakan transmisi manual, umumnya dilengkapi dengan tuas kopling di samping. Kopling inilah yang berfungsi untuk mengatur perpindahan gear secara lebih halus daripada mengandalkan sistem gear pada motor bebek.

Perbedaan Pada Pengereman
Dari segi pengereman, motor matic berupa rem manual yang melekat pada ban. Maka tak ayal, jika sedang berada di jalanan yang menurun, Anda seperti meluncur. Berbeda dengan kedua motor yakni motor bebek dan sport. Proses pengereman kedua motor tersebut akan terasa lebih ringan dan efektif karena dibantu dengan rem mesin.

Perbedaan Pada Biaya Perawatan
Agar motor tetap awet dan bertahan lama, penting bagi Anda untuk merawatnya. Nah, berbicara masalah perawatan, motor sport menempati peringkat pertama untuk biaya spare part termahal. Kemudian disusul oleh motor matic, lalu motor bebek. Jika terjadi kerusakan, motor matic akan lebih sulit dideteksi karena komposisi mesin yang tertutup. Hal itulah yang membuat biaya perawatan motor matic lebih mahal dibandingkan dengan motor bebek.

Perbedaan Pada Konsumsi BBM
Apa pun jenis motornya, tak bisa lepas dari konsumsi bahan bakar. Dari ketiga jenis motor tersebut, motor bebek merupakan yang terbaik dari segi efisiensi bahan bakar.

Sebagai contoh, Honda Vario Techno 125 dengan mesin berkapasitas 125 cc (matic) dapat menempuh jarak hingga 52,1 km untuk setiap liter bensin yang digunakan. Honda Supra X 125 PGM-FI 125 cc (bebek) dapat menempuh jarak hingga 86 km, sedangkan Honda New Mega Pro 150 cc (sport) dapat menempuh jarak hingga 56.1 km. Motor matic akan terasa lebih boros saat digunakan pada jalan menanjak karena perputaran gear yang terjadi berlangsung secara otomatis. Beda halnya dengan motor bebek, saat tarikan mesin berkurang, Anda bisa mentransmisi gear motor ke posisi yang lebih rendah. Hal ini akan menjaga perputaran gear tetap lancar tanpa harus memaksakan tarikan mesin motor. Sedangkan pada motor sport, meskipun sudah dibantu dengan transmisi dan kopling manual, bodi motor yang cenderung lebih besar dan berat pada akhirnya juga akan menguras konsumsi bahan bakar. Perbedaan Pada Harga

Dari segi harga, motor bebek bisa dikatakan memiliki harga yang paling murah, disusul dengan motor matic dan motor sport. Namun, hal ini juga masih bisa dikatakan relatif karena motor bebek masih dapat dibagi menjadi dua jenis:

  • Bebek Konvensional (Lower Underbone) yakni kelas motor bebek yang hanya digunakan untuk kebutuhan transportasi saja. Contohnya Honda Revo FI.
  • Bebek Super (Hyper Underbone) yakni kelas motor bebek dengan tambahan fitur atau teknologi lain yang menunjang performanya. Contohnya Honda Supra X.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s