Sensasi Berkendara Honda BeAT 2020

Diposkan oleh

Kangandi – Honda Beat generasi baru meluncur pertengahan Januari 2020. Berbeda dengan Beat sebelumnya, model baru ini membawa beberapa perubahan mulai dari desain, sasis dan mesin. Setelah sempat menjajal sebentar usai peluncuran, Kompas.com kemudian mendapat kesempatan untuk melaukan tes berkendara dengan Beat 2020. Sekadar pengenalan lagi agar lebih intim dengan ubahan yang diusung.

Secara desain sudah dibahas di tulisan sebelumnya. Kali ini Kompas.com, mencoba merasakan performa yang ditawarkan mesin baru Beat, yakni mesin eSP 110 cc genererasi baru. Seperti diketahui mesin pada Beat 2020 ini diadopsi dari mesin Honda Genio. Rinciannya pun tidak diubah alias sama. Di atas kertas mesin ini ialah over stroke. Rinciannya jantung 109,5 cc SOHC dengan bore 47.0 dan stroke 63.1 mm mampu menghasilkan tenaga sebesar 9 PS pada 7.500 rpm dan torsi 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Mengusung mesin baru performa Beat 2020 sedikit berbeda dari versi sebelumnya. Akselerasinya lebih baik dibanding pendahulunya meski tak terlalu kentara. Karakter Beat masih terasa, dan dengan kapasitas mesin yang masih 110 cc dengan sistem pembakaran injeksi, membuat skutik ini sedikit terasa lambat di putaran bawahnya. Perbedaan antara mesin Beat dan Genio ialah pada konsumsi bahan bakar. Klaim konsumsi BBM Beat lebih irit ketimbang saudaranya. Beat sekitar 60,6 kpl sedangkan Genio sekitar 59,1 kpl. Dengan perbedaan yang tidak begitu jauh ada kesan Beat memang dibuat lebih irit dengan cara mencekik bensin. 

Keunggulannya ialah Honda dalam hal ini Astra Honda Motor (AHM) tahu benar market yag di sasar yakni anak muda. Selain mesin, Beat 2020 juga dibekali rangka baru eSAF seperti Genio. Rangka baru ini lebih ringan 8 persen dari model lama. Tapi sekaligus lebih kaku tapi fleksibel, sehingga lebih lebih enak dikendalikan, Klaim soal rangka baru memang harus diteliti lebih lanjut. Tapi sejauh pemakaian harian, saya sendiri merasakan BeAT baru mudah diajak bermanuver. Karakter BeAT tidak dihilangkan justru ditambahkan dengan nilai lebih baik.

Saat diajak bermanuver, skutik ini terasa lebih ringan dan mudah diajak berbelok di tikungan landai atau patah. Suspensinya terasa sedikit lebih empuk. Sebab, Honda mengklaim juga ada peningkatan di bagian suspensinya. Alhasil kesimpulan, point plus yakni handling lebih ringan, suspensi lebih baik, desain semakin modern, bagasi lebih luas, tangki bensin lebih besar dan ada soket untuk cas. Poin minus, performa lebih baik tapi tidak signifikan. Sedekar tambahan kini Honda BeAT hadir 4 tipe yakni BeAT CBS, BeAT CBS ISS, BeAT Deluxe dan BeAT Street. Yang sudah menggunakan power charger hanya BeAT CBS ISS dan BeAT Deluxe saja. Tapi nggak menutup kemungkinan kedepannya semua akan menggunakan power charger.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s