Memprediksi Harga Honda PCX 150 4 Katup

Diposkan oleh

Kangandi – Seperti yang kita semua tahu Honda Jepang secara resmi meluncurkan generasi terbaru All New PCX 160 yang merupakan representative nama dari kubikasi mesin yang meningkat menjadi 156 cc. Kapasitas mesin ini sebelumnya sudah ramai diperbincangkan contohnya dilaman sang maestro yakni Iwan banaran….Tentang basis penggunaan engine SH 155 dan semua terbukti.

Honda PCX 160 ini sudah mengusung mesin dengan label eSP+, New Generation disebut lebih ramah lingkungan, powerful namun efisien. Bayangkan saja dengan kubikasi mesin 156cc…. saat pengetesan new PCX 160 4 katup diklaim mampu menempuh jarak hingga 53,5 kilometer untuk 1 liter bensin. Wowww…..ternyata dengan meningkatnya kapasitas mesin justru motor ini lebih irit dibandingkan dengan generasi lawas.

Berdasarkan prediksinya Honda PCX terbaru ini memiliki torsi yang sangat besar sehingga anda tidak perlu membuka gas terlalu dalam untuk mendapatkan akselerasi yang diinginkan. Dengan torsi mencapai 15Nm dan power 15,8 PS tentu mudah bagi mesin terbaru untuk menarik bobot 132kg. Otomatis dengan torsi besarnya tersebut, bukaan gas bisa diminimize dan hasilnya…irit! Dengan mengusung mesin overbore 60.0mm x 55.5mm…. secara teori seharusnya torsi akan sedikit dikorbankan karena rata-rata mesin Overbore fokus pada top speed. Namun faktanya dari klaim data terlihat torque New PCX 4 klep ini sebaliknya. Sepertinya ada ramuan khusus yang tidak diumbar insinyur Honda ke publik sehingga kendati engine overbore namun tarikan tetap ngacirrr…

Tentu saja sodoran spesifikasi yang diumumkan oleh Honda Jepang membuat kita ngiler. Karena bisa kita pastikan Honda PCX kini sudah menjelma menjadi Maxi skuter yang tidak lagi hanya fokus pada sisi kenyamanan namun juga high-performance. Sayang seluruh kelebihan tersebut dibungkus bandrol yang cukup tinggi di Jepang. Bayangin aza… di negeri matahari terbit Honda PCX terbaru 4 katup ini dijual di angka 55 jutaan. Angka ini meningkat pesat dibandingkan generasi sebelumnya yang dijual hanya 48 jutaan. Artinya terjadi kenaikan hingga 7 jutaan. Itulah yang menjadi fokus utama dalam tema artikel kali ini yakni…harga !!!

Melirik dari skuter matik kompetitor dengan spesifikasi yang ditawarkan misalnya oleh pabrikan garputala (4 klep VVA)…..motor ini dijual 29 jutaan untuk versi standar serta 33 jutaan untuk versi ABS. Dan yang patut diingat sudah dibekali suspensi subtank, fitur ini sudah dimiliki Honda pada matik ADV 150. Artinya secara paket penjualan, Maxi scooter saingan PCX ini memang cukup baik. Pabrikan mampu memasang pada angka yang realistis dan logis. Itulah tantangan Honda Sesungguhnya jika ingin mengganggu penjualan Rival terberatnya….Banderol yang dipasang oleh Honda pada PCX 150 sekarang juga termasuk pas.

Secara value for money tidak kalah karena ada beberapa poin yang diberikan oleh AHM yang tidak dimiliki kompetitor. Beberapa kelebihan PCX adalah semua lampu sudah full LED, smart key all varian, rem CBS (bukan rem biasa untuk versi standart) anti theft dll…. Honda PCX 150 CBS sekarang dijual termurah 29 jutaan… sementara termahal di angka 32 jutaan. Tapi ingat, ini yang versi 2 katup. Kita belum tahu berapa banderol yang akan dipasang oleh Honda untuk versi 4 katup nanti….

Soal pricing IMHO AHM harus hati-hati ! walau secara prediksi kemungkinan besar Astra Honda Motor memang bakal berjuang keras untuk memasang di harga yang tidak terlalu tinggi. Karena jika tidak, berarti Honda sudah bermain di kelas yang berbeda. Bayangkan jika bandrolnya mirip dengan Jepang. Tidak usah pricing fix-nya namun kenaikan yang dipasang….kalo PCX naik 7 juta dari harga sekarang kelar sudah persaingan di Maxi Scooter. Kalo Honda PCX 4 klep tembus 40 jutaan….mau lawan siapa coba ?

Jangankan 40 jutaan, Honda ADV-150 yang saat ini dipatok di angka 38 jutaan untuk versi ABS saja penetrasinya tidak setajam PCX. Diluar segmen yang berbeda, pricing juga ngaruh. Karena yang kita bicarakan ini adalah market 150cc skutik. Market “merakyat” yang masih sensitif soal harga. Jangan samakan dengan market 150cc untuk kaum hobby…. di segmen ini motor akan digunakan harian sehingga faktor pricing tetaplah penting untuk dijaga. Jangankan 7 juta deh….beda satu juta saja bisa membuat keputusan berubah. Oleh karena itu Astra Honda Motor harus hati-hati untuk memasang banderol dari All New PCX 150 4 katup nanti jika ingin daya gempur PCX 4 klep dahsyat seperti sekarang….

Tapi sepertinya sangat mustahil Astra Honda Motor memasang bandrol all new PCX 150 lebih tinggi 7 juta dari versi sekarang. Kecuali Honda memang tidak berniat mengganggu pasar lawan, lain cerita dah itu mah. Jika tidak, dari prediksi sementara bisa saja versi 4 katup ini bakal coba di push AHM hanya lebih mahal 500rb -1,5 juta rupiah dari versi sekarang. Kalo diangka itu sih lumayan dah…hehehe. Itu prediksi sekaligus harapan jika Honda ingin Maxi skuter barunya menjadi favorit para Bikers tanah air. Nah… kalau menurut honda lover’s sendiri gimana? Berapa harga yang pantas untuk Honda all new PCX 150 4 klep saat diluncurkan di tanah air nanti? Mangga kang berikan opininya di kolom komentar…hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s