Apakah Mungkin, Honda Mengganti Desain CBR250RR Pasca Lahirnya CBR150R K45R ?

Apakah Mungkin, Honda Mengganti Desain CBR250RR Pasca Lahirnya CBR150R K45R ?

Kangandi – Keputusan astra honda motor untuk menurunkan desain Honda CBR250RR K64A pada new CBR150R K45R menuai kotrofersi alias banyak pertanyaan warga net dan para bikers. Desain yang memang kita akui memiliki aura agresif dan sangat keren banget untuk ukuran motor sport fairing. Bahkan boleh dibilang lebih keren versi 250cc ke bawah untuk desain mogenya. Banyak yang penasaran mungkinkah honda merubah desain CBR250RR pasca lahirnya All New CBR150R K45R. Mengingat kedua motor ini bagaikan pinang dibelah dua. Apa mungkin hal tersebut dilakukan honda di masa depan?

Sebenernya bukan yang pertama kali dilakukan Honda untuk versi motor produksi massal 250cc serta 150cc nya. Kalo kita perhatikan Honda juga lakukan hal yang sama menurunkan desain CB250R Neo Sport Cafepun kepada Honda CB150R Exmotion ataupun Honda CB125 sport Neo Cafe. Ketiganya nyaris bak pinang dibelah dua hanya beberapa poin saja yang berbeda seperti bentuk kenalpot ataupun kubikasi mesin serta sasis, namun secara general basis desain yang diusung sangatlah mirip…

Strategi seperti ini sudah dilakukan pada masa lalu waktu jamannya CBR 250R serta CBR150R CBU. Astra Honda Motor membawa generasi barunya dari Thailand untuk dua versi ini. Bedanya hanya kubikasi untuk yang 150cc sebelumnya menganut sasis model parimeter twin spar frame atau dikenal dengan deltabox. Jadi tidak begitu mengejutkan jika AHM menurunkan desain CBR250RR pada versi 150cc nya…

Secara sejarah masa lalu hingga sekarang biasa dilakukan Honda tindakan tersebut. Alasannya, pertama bisa jadi untuk memperkuat positioning versi 150cc karena dengan membuat desain seperti diatasnya jelas akan memberikan pride tersendiri bagi pengguna kelas 150cc. Apa lagi dengan upgrade desain ataupun fitur yang dilakukan dengan harga yang masih terjangkau, secara gengsi naik kang…hehehehe. Ini merupakan tindakan pintar ditengah kondisi market 150cc masih stagnan. Mau riset dan development abis-abisan disegmen ini mungkin tidak memberikan kontribusi terhadap profit, makanya para kompetitor terkesan santuy belum ada refreshment terhadap produknya…

Dengan market yang stagnan dan cenderung turun akhirnya refreshmentlah yang dianggap paling efektif oleh pabrikan. Honda sudah tidak diragukan lagi dalam hal meracik mesin 4 tak yang fowerful, kelahiran Honda CBR250RR menjadi bukti jika mau leading speed, namun Honda lebih memilih untuk memberikan kompromi soal dapurpacu. Mengingat positioning CBR150R saat ini lebih cenderung jadi motor sport touring dibanding sang kaka yang pure racy dan mengusung label double R alias RR…

Mungkin ada segelintir pengguna CBR250RR yang merasa kecewa karena desain motornya indentik dengan versi 150cc. Namun bagaimanapun spesifikasi dan fitur jauh dibandingkan dengan CBR250RR. Selain itu pasar ini cukup kecil jadi wajar saja jika Honda mempertimbangkan market yang lebih besar yakni 150cc. Desain yang keren tapi penetrasi tidak maksimal akibat kecilnya market bisa jadi ini alasan Honda untuk menurunkan ke kelas 150cc agar semua konsumen merasakan motor desain keren namun dengan harga yang lebih terjangkau serta jauh lebih nyaman dengan sang kaka.

Memang sulit untuk mengkritik produk yang laris dipasaran beda ketika facelift nanggung disaat prodyknya kurang laku. Honda CBR150R memang termasuk kategori produk yang laku di pasaran…makanya Honda tetap percaya diri apalagi model baru ini dipastikan bakalan lebih mendongkrak pasar dibandingkan yang versi sebelumnya. Mungkinnkah Honda mengganti desain CBR250RR dengan desain baru karena sang adik sudah lahir? Apa pun bisa terjadi dikarenakan pengembangan sepeda motor dilakukan secara terus menerus. Namun untuk saat ini kedua motor ini akan dijual secara beriringan, jadi jangan kaget jika model ini menguasain jalanan sport fairing di tanah air….

 

Tulis Pendapat Anda

%d blogger menyukai ini: