Bedah Desain Honda All New CBR150R K45R, Gilee Ini Sih Copiannya…

Bedah Desain Honda All New CBR150R K45R, Gilee Ini Sih Copiannya…

Kangandi – Wilujeng siang sadulur sadaya, akhirnya Honda All new CBR150R K45R secara resmi diluncurkan oleh AHM pada tanggal 12 januari 2021 kemaren. Sosok new CBR150R K45R yang ternyata benar-benar sama persis dengan sang kakak yakni CBR250RR. Kalo dalam pribahasa bagaikan pinang dibelah dua!!! Kemiripan bisa dibilang 95%….

Seperti yang kita semua tahu Honda sudah menyiapkan generasi terbaru CBR 150R untuk menggempur pasar motor sport kelas 150cc. Generasi terbaru sudah mengusung spesifikasi dan tampilannya mirip sang kaka. Pada artikel kali ini saya coba menjabarkan yang akan mencoba menjelajah dari depan, samping dan belakang. Dan inilah sosok Honda all new CBR150R K45R yang baru dirilis astra honda motor…

1. Bentuk Muka

Dari depan tampilannya sama persis bagaikan pinang dibelah dua, mirip dengan sang kaka yakni CBR250RR. Mulai dari headlampnya hingga komposisi DRL diatas headlamp. Sistem mekanisme lampu yang bakal betul-betul mengikuti kakaknya. Khususnya posisi lampu sein yang terintegrasi dengan DRL. Jadi lampu sein menjadi satu dengan DRL. Pokoknya mirip banget dengan CBR250RR. Pokoknya mah ganteng banget dah….

2. Suspensi Upside Down

Disini yang bikin menarik karena jika kita melihat sekilas komponen yang dicangkokkan Honda pada New CBR150R K45R, betul-betul mirip Upside Down CBR250RR. Terutama pemilihan warna outer tube yang dilabur dengan gold color, tutup suspensi juga dilabur warna biru seperti kakaknya. tulisan Showa juga nongol diarea tersebut. Suspensi yang digunakan mengadopsi model SFF atau Separate function fork dan lebih hebatnya lagi sudah Big Piston dengan ukuran 37mm….

3. Fender

Untuk menyesuaikan mounting atau dudukan baut yang berbeda dibandingkan dengan suspensi teleskopik, juga memiliki bentuk Fender depan berubah. Sekali lagi sosok Fender yang juga sangat mirip dengan CBR250RR yang cenderung ditarik ke bawah sehingga memberikan kesan padat. Jadi spatbor berbeda….

4. Dashboard area stir

Ketika kita nongkrong di atasnya, akan merasakan perbedaan yang cukup terasa di area tangki dibandingkan dengan generasi lama. Pada Honda all new CBR150R ini feelnya lebih bertekuk, padat dan memiliki layer-layer. Dengan komposisi tangki model kondom, ternyata membuat pabrikan lebih leluasa meracik desain tangki agar lebih muscular. Jadi feelnya makin keren abis…

Tidak hanya itu crown handle atau segitiga atas juga berubah. Sekilas ditemukan desain berlubang. Termasuk lubang suspensi juga lebih besar pastinya menyesuaikan USD yang disandang. Untuk kunci ternyata tidak ada perubahan yang artinya masih mengandalkan model shutter key alias belum smart key. Lalu ketika pandangan kita alihkan di bagian speedometer, entah kenapa sekilas tampak tidak banyak berubah dibandingkan dengan generasi lama. Mungkin sedikit sentuhan tapi basis shape masih sama dan terakhir stang masih upperyoke…

4. Pelk dan ban

Sekilas tidak tampak perubahan di area tersebut alias masih memiliki desain seperti sebelumnya dengan ban OEM tetap IRC. Termasuk perangkat rem yang juga tetap mengandalkan model disk wave depan belakang

5. Frame dan engine

Performa tingginya ditopang oleh mesin 150 cc DOHC berpendingin cairan, mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 12,6 kW (17,1 PS) @9.000 rpm, dan torsi puncak 14,4 Nm @7.000 rpm. Dipadukan dengan transmisi 6-percepatan, jantung pacu ini sanggup membawa All New CBR150R melaju dari 0-200 meter hanya dengan 10,6 detik, dan kecepatan maksimal mencapai 127 km/jam.

Fitur Assist/ Slipper Clutch kini menjadi bagian dari All New CBR150R yang sanggup meningkatkan sensasi berkendara menyenangkan. Slipper Clutch berfungsi mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrem. Melalui pengaplikasian fitur ini, pengendara juga dapat merasakan pengoperasian kopling yang jauh lebih ringan.

6. Stoplamp

Untuk stop lamp ini sama persis dengan CBR250RR. Jadi memang mirip banget yakni model LED tumpuk 2. Artinya jika kita lihat dari jauh Honda CBR150R K45R bagai pinaang dibelah dua dari sang kaka. Tapi untuk fender belakang sedikit berbeda.. tidak sama dengan kakaknya pendekatan yang dilakukan oleh Honda masih mempertahankan bentuk fender versi 150 cc yakni tanpa plat luar…

7. Swing arm

Untuk area ini Honda masih mempertahankan seperti generasi sebelumnya yakni model kotak. Nah itulah sekilas tentang perombakan yang lakukan astra honda motor terhadap Honda all new CBR150R K45R. Sedikit tambahan untuk varian masih sama dengan sebelumnya tersedia versi ABS dan non-ABS. Nggak nyangka kalo all new CBR150R K45R sekeren ini…mantaappp.

Tulis Pendapat Anda

%d blogger menyukai ini: