Bener Nggak Sih, Knalpot Racing Hanya Boleh Digunakan Disirkuit???

Bener Nggak Sih, Knalpot Racing Hanya Boleh Digunakan Disirkuit???

Kangandi – Pro dan kontra prihal kenalpot freeflow atau racing sepertinya masih cukup hangat, hal ini banyak juga biker yang pinter-pinter dan berwawasan luas tentang kenalpot freeflow yang beredar didunia termasuk tanah air. Mereka pinter karena memiliki wawasan luas tidak hanya sekotak alias mereka juga melihat fakta dibeberapa negara dunia. Apakah betul knalpot freeflow hanya boleh disirkuit saja? Apakah tidak boleh ada dijalan?

Knalpot racing dalam bahasa inggrisnya biasa disebut freeflow exhaust…sebenernya sudah lahir puluhan tahun lalu. Awalnya knalpot ini memang untuk racing oriented karena di desain dengan merubah spesifikasi knalpot bawaan yang lebih mengejar efisiensi serta aturan kebisingan suara yang lebih adem. Namun banyak sekat dengan kontruksi yang dibuat seefisien mungkin memang dianggap menjadi biang menurunnya performa sebuah motor. Oleh karena itu lahirlah knalpot racing dengan focus pada mendongkrak performa motor…

Seiring berjalan waktu para produsen knalpot racing mulai melebarkan sayap dengan versi produk massal. Freeflow exhaust yang didesain lebih bersahabat baik dari segi harga ataupun suara yang tidak se-Extreme versi racing. Alasannya karena jika produsen hanya mengandalkan pemasukan dunia racing saja maka tidak mungkin berumur panjang. Tingginya cost production serta kecilnya ruang lingkup dunia racing apaligi mayoritas tim tidak membeli justru malah sebaliknya…produsen knalpot yang menjadi sponsor untuk mendongkrak brand image juga menjadi alasan kenapa mass production sangat diperlukan…

Beberapa contoh berstatus street legal

Tidak heran jika lahir knalpot-knalpot racing berstatus Street legal. Knalpot ini di desain sedemikian rupa dengan mempertahankan disebel suara. Apakah ini artinya knalpot racing terkenal yang bertebaran dipasaran legal digunakan dijalan raya? Bener banget…Sebelum produk mereka bisa digunakan dijalan raya secara legal para produsen mendapat approvel kelayakan. Dengan kata lain ketika knalpot sudah beredar dipasaran itu artinya secara legalitas tidak perlu diragukan lagi. Makanya kalo kita lihat di jepang, sangat banyak para bikers menggunakan knalpot racing dan tidak dipermasalahkan oleh petugas lalu lintas.

Bebas cak disini sebab knalpot racing yang dijual dipasaran ini berarti sudah mengantongi sertifikat legal digunakan dijalan raya. Jadi boleh digunakan dijalan raya, razia disini lebih focus ke pengendara yang miniman alkohol…” Beber seorang follower kepada blogger kondang iwanbanaran….Jadi knalpot racing tidak hanya untuk di balap, peraturan undang-undang lalu lintas kitapun tidak menyebutkan demikian. Knalpot premium seperti Yoshimura, Sakura, Akrapovic, Austin Racing dan banyak lainnya yang sama-sama merilis knalpot racing versi street legal dibanding versi balap lebih rendah spesifikasi materialnya serta disebel suara lebih adem…

Jadi intinya tidak semua knalpot racing jadi sasaran razia petugas lalu lintas ada banyak motor-motor sport yang menggunakan knalpot racing bawaan dari pabrikan saat digunakan dijalan raya tidak dilirik petugas justru malah focus kekelengkapan surat-surat yakni SIM dan STNK. Ada dua pasal yang bisa digunakan pertama disebel suara kedua motor yang sudah dirubah dari spek aslinya, jadi ya gunakanlah motor serta knalpot yang standart bawaan pabrikan saja yaaa….

Tulis Pendapat Anda

%d blogger menyukai ini: