Cara Hilangkan Gejala Gredek Di Honda Vario

Cara Hilangkan Gejala Gredek Di Honda Vario

Murnisubajamas.id – Enggak sedikit bikers yang mengeluhkan kalau tarikan Honda Vario gredek atau terasa bergetar di area CVT. Gejala ini biasanya akan sangat terasa ketika motor ingin memulai jalan.

“Gredek itu timbul biasanya di mangkok kampas ganda. Penyebabnya cuma kotor,” buka Zenal dari Rafi Matic kepada    Maklum, karena kampas ganda motor matic memang menghasilkan kotoran berupa debu akibat gesekan dengan rumah kopling.

Nah, kotoran hasil gesekan kampas ganda dengan mangkok atau rumahnya itu yang sering bikin Honda Vario gredek.

“Cara atasinya, pertama bersihkan dahulu mangkok kampas ganda dan area sekitar CVT-nya,” buka mekanik yang bengkelnya terletak di Jalan Pitara Raya, Depok, Jawa Barat ini. 

Jika sudah bersih, kita bisa lakukan trik untuk mengurangi kotoran di area mangkuk kampas ganda.

Caranya perlu ada modifikasi di rumah atau mangkok kampas gandanya.

“Dibolongi di pinggirnya supaya kotoranya langsung jadi ke dasar blok CVT dan kampas gandanya lebih menggigit,” sahutnya. 

Dengan memanfaatkan gaya sentrifugal, debu-debu sisa kampas ganda akan keluar melalui lubang-lubang yang dibuat di mangkok ganda.

Selanjutnya yang diubah adalah kampas gandanya. “Biasanya kami kasih pola silang-silang permukaannya menggunakan gergaji besi agar lebih gigit lagi,” ujar pria jebolan Takutic ini.

Dengan begitu Honda Vario kamu bebas dari gredek.Namun dengan modifikasi kampas dan mangkok gandanya bukan berarti Honda Vario kamu bebas gredek.    Sebab, jika ada kotoran yang kembali menumpuk otomatis gejala itu akan muncul lagi. 

“Makanya tetap harus dibersihkan secara rutin bagian CVT-nya. Minimal per 6.000 km sekali sambil dicek komponen lainnya,” tutupnya.

Tulis Pendapat Anda

%d blogger menyukai ini: