Mau Terobos Jalur Off Road ??? Wajib Gunakan 5 Riding Gear Berikut Kata Ludhy Kusuma !!!

Mau Terobos Jalur Off Road ??? Wajib Gunakan 5 Riding Gear Berikut Kata Ludhy Kusuma !!!

Murnisubajamas.id – Sepeda motor yang digunakan untuk di jalan beraspal beda dengan di jalur tanah atau off road, begitu juga dengan perlengkapan yang digunakan untuk berkendara. Berkendara off road menggunakan motor trail atau adventure, pada trek off road diharuskan melewati medan-medan yang berbeda dari biasanya seperti jalanan berbatu, sungai, pasir, tanah dan lainnya.

“Namun, ada beberapa yang wajib diperhatikan sebelum berkendara kejalur off road, mulai dari menyiapkan sepeda motor yang prima hingga perlengkapan berkendara atau riding gear yang tepat”, ujar Ludhy Kusuma, Safety Riding Development Section Head PT. Daya Adicipta Motora (DAM), dalam keterangan resminya

Berikut riding gear untuk berkendara off road yang dibutuhkan untuk meminimalisasi resiko terjadinya kecelakaan:

1. Helm

Perlengkapan berkendara yang satu ini sangatlah penting baik untuk berkendara off road maupun on road. Khusus untuk berkendara dijalur off road, helm yang digunakan adalah helm cross yang memiliki bentuk lebih panjang atas yang didesain untuk memiliki fungsi masing-masing.

“Bagian rahang dibuat lebih panjang bertujuan agar mempermudah pengendara bernafas dengan sirkulasi udara yang lebih baik namun tetap melindungi bagian rahang. Pada bagian atas atau pet cross berfungsi untuk melindungi muka dari ranting pohon ataupun benda lainnya yang dapat membahayakan wajah pengemdara,” Ujar Ludhy.

2. Goggle Helm

Goggle pada helm berfungsi untuk melindungi mata dari benda-benda berbahaya. Fungsinya sama dengan visor pada helm umumnya, namun goggle dibuat terpisah karena bertujuan untuk mempermudah pengendara bernafas secara leluasa dengan kondisi di jalur off road yang tidak dapat diprediksi. Sehingga dapat mengurangi kemungkinan munculnya embun pada kaca visor atau goggle yang dapat mengganggu visibilitas pengemdara.

3. Body Protector

Body protector atau pelindung badan yang harus digunakan adalah pelindung badan pada bagian dada, leher, sikut, dan lutut. “Semua bertujuan untuk melindungi pengemdara dari benda-benda keras ketika berkendara di jalur off road,” kata Ludhy. Karena di jalur ini akan banyak menemukan rintangan yang menghadang tanpa sepengetahuan pengendara.

4. Sepatu

Saat berkendara di jalur off road tentunya tidak bisa menggunakan sepatu biasa, alangkah baiknya menggunakan sepatu berjenis cross atau boots, karena akan melindungi bagian telapak kaki hingga betis dari benda-benda keras selama berkendara. Selain itu, dapat juga melindungi kaki pengendara jika tertimpa motor saat terjatuh.

5. Sarung Tangan

Sarung tangan yang digunakan sebaiknya menggunakan sarung tangan khusus untuk off road dengan bahan kain di bagian atas dan berbahan kulit di telapak tangannya. “Hal ini bertujuan untuk membuat pengendara lebih leluasa dalam menggerakan jari-jarinya,” kata Ludhy.

Tulis Pendapat Anda

%d blogger menyukai ini: