Singapura Ganas, Motor Tua Akan Cabut Registrasi !

Singapura Ganas, Motor Tua Akan Cabut Registrasi !

Murnisubajamas.id – Soal emisi gas buang sepeda motor memang menjadi hal yang sudah biasa, di setiap negara juga memiliki aturan tersendiri soal emisi gas buang. Namun baru-baru ini di negeri singa alias singapura memiliki aturan baru dan akan diberlakukan beberapa waktu kedepan. Ngerinya, aturan ini akan menghanguskan motor tua yang berkeliaran disana. Wiiih emang ngapa…???

Sepertinya motor tua bakal tidak berumur panjang di singapura. Hal ini konon sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi lingkungan yang semakin memburuk, negara singapura melalui National Environment Agency (NEA) bakal lebih memperketan standar emisi untuk semua sepeda motor khususnya motor konvensional yang terdaftar di singapura sebelum tanggal 1 Juli 2003.

Jelas saja motor pada tahun tersebut memang terbilang cukup tua dan untungnya masih bisa digunakan hingga 30 juni 2028 mendatang asalkan gas buang sepeda motor memenuhu aturan standar emisi yang berlaku disingapura saat ini.

Kemudian mulai 1 april 2023 mendatang, singapura akan memberlakukan aturan kebisingan terbaru secara nasional agar nantinya aturan ini berefek pada aturan emisi gas buang yang lebih ketat. Selain itu aturan standar emisi yang ketat juga berlaku untuk sepeda motor asing dari luar singapura.

Tentunya aturan ini akan sedikit merepotkan warga malaysia khususnya johor, yang bekerja disingapura menggunakan kendaraan motor setiap harinya. Lantas untuk hal tersebut, uji emisi akan diberlakukan di malaysia sebelum kendaraan motor masuk wilayah singapura.

Yups aturan itu sendiri akan dilakukan secara bertahap yakni pada 1 april 2023 mendatang dan seluruh motor yang beredar dan beroprasi disingapura harus mematuhi standar Euro 5. Sayangnya setelah tahun 2028 semua sepeda motor yang terdaftar dibawah tahun 2003 dilarang beroprasi alias tidak boleh digunakan sama sekali dinegeri singa….kira-kira kalo peraturan ini diterapkan di tanah air gimana yaaa??? Apa mungkin bisa ngurangin kemacetan dikota-kota besar ???

Sementara itu biker pemilik motor tua atau motor dengan registrasi dibawah 2003 sangat disarankan untuk melakukan pencabutan registrasi motor tersebut. Karena biker yang melakukan pencabutan registrasi akan mendapatkan insentif sebesar SGD3.500 atau setara 37,1 juta. Tentunya dengan uang tersebut diharapkan biker bisa membeli sepeda motor baru yang sesuai dengan aturan emisi gas buang Euro 5.

Sebagai iinformasi, insentif ini menyasar 60% dari 27.000 sepeda motor yang memenuhi syarat yang berlaku dan insentif hanya diberikan sampai 5 april 2023. Wah kalo kaya gini sih saya juga mau-mau aja lah insentifnya gede haahahahaha…apa mungkin di indonesia bisa begini ??? Mangga share pendapatnya dikomentar….

Tulis Pendapat Anda

%d blogger menyukai ini: